Kontak Njenengan

Nama

Email *

Pesan *

Minggu, 22 Maret 2020

TERBITKAN TIGA BUKU DAN TAMPILKAN TIGA DRAMA

TIGA BUAH BUKU  ANTALOGI CERPEN DAN TIGA DRAMA 
KARYA MUJTAHID


Tiga buah buku yang berhasil diterbitkan oleh Mujtahid dengan tajuk Masa Remaja, Cinta, dan Persahabatan menjadi tanda bahwa memang dunia literasi sudah menyatu dengan jiwanya. Ketiga buku tersebut diterbitkan oleh penerbit  RUMAH MEDIA Jl. Swadaya 2-Tanjung Barat, Jagakarsa-Jakarta Selatan. Nafas-nafas sastra memang telah mendarah daging di dalam aliran darahnya. Pada saat di bangku kuliah juga aktif di dunia literasi dan dunia sastra. bersama empat rekannya (Ahmaad, Irman, dan Holis) yang semua dari Jawa Barat, kami pernah mengikuti seminar sastra di Ciamis, pernah menampilkan teater dan drama bernafas religi, dengan tiga buah drama. Tahun 2010 menjadi awal kesuksesan dengan drama "Insyaf" yang diikuti oleh lebih dari 20 kelompok yang pentas di Auditorium UNIGAL. Alhamdulillah drama kami menjadi yang terbaik, sekaligus menjadi sutradara terbaik. Drama Insyaf ini dibuat dengan balutan religi yang disutradarai dan skenario oleh Mujtahid. di penampilan kedua tampil dengan Drama berjudul "Mahsyar" skenario dan sutradara juga Mujtahid. kali ini diikuti oleh 22 Kelompok. dan di penampilan kedua ini hanya mendapat nominatif sebagai Sutradara dan penampilan terbaik (artinya masuk 3 besar). 



Di penampilan yang ketiga dengan judul drama yang diadaptasi dari puisi "Nyanyian Angsa" Karya WS Rendra menjadi drama berjudul Nyanyian Angsa. skenario dan sutradara Mujtahid dengan sound effeknya adalh Ahmad Saehudin. di setiap penampilan yang menjadi juri adalah seniman seni nasional ternama di Jawa Barat, yaitu Godi Suwarna, guru seni dari UPI Bandung seperti DR. Molly Agustina, M.Pd. Hal yang paling menarik setelah tampil diberikan komentar. yang selalu kami ingat adalah kalimat dari Ibu Molly. Penampilan luar biasa mengubah cerita puisi nyanyian angsa yang bernafas kristen dengan pendeta dan susternya diubah menjadi nafas Islam dengan kyai. begitu kreatif dan sangat luar biasa. Membuat alur cerita yang paling menarik dengan settingan 2 alam, dunia dan alam mahsyar. Dimana orang yang didunia menderita, karena masa mudanya menjadi PSK, kemudian insyaf, tetapi tak ada orang yang sama sekali mau mengerti padahal ia sudah bertaubat. sampai akhirnya ia meninggal ketika shalat. penampilan di negeri akhirat dengan imajinasi yang luar biasa, membuat penonton terkesima, dan kami sebagai juri merasa bangga.
Pada penampilan yang ketiga ini melibatkan banyak orang, Mujathid sendiri selain sebagai skenario dan sutradara juga sebagai aktor dengan 3 peran sekaligus. pertama masuk ke panggung denga pakaian compang-camping (orang gila) yang muncul di tengah-tengan penonton, kemudian di adegan ketiga muncul sebagai kyai dengan sarung dan sorban. dan di penampilan terakhir datang sebagai jin dengan wajah dan baju yang terbuat dari karung goni. menjadi nominatif aktor terbaik. di drama "Nyanyian Angsa" disiarkan secara tunda di Galuh TV. Saat itu tahun terkahir kuliah atau tahun 2012.


Kembali ke litersi penulisan buku antologi. Di buku antalogi "Masa Remaja" yang penulisnya dari berbagai tempat, dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jatim, Kalimantan, Sumatera ini cerpen karya Mujtahid diadulat menjadi cerpen terbaik dengan judul "Balck List".  Ini merupakan pengharagaan kedua di dunia menulis buku, karena sebelunya pernah meraih Juara III di Pekan Literasi Bulan Bahasa 2011 di Ciamis sebagai buku kumpulan puisi religi. Buku kumpulan yang ditulis sendiri sebanyak 54 puisi ini menjadi buku terbaik III, dari peserta sebanyak 300-an. Dan di dalam buku tersebut juga tertulis puisi "Mahsyar"  yang pernah di pakai pada prolog drama Mahsyar.



Dunia seni dan sastra Indonesia memberikan banyak pengalaman dalam kehidupan. Setiap orang punya masalah yang kompleks, dengan berimajinasi dengan tulisan, maka hidup ini akan lebih indah. Kita bisa mengadu, mencurahkan segala isi hati, kebahagiaan, kekecewaan, kemarahan dengan bait bait puisi. Kita bisa berbagi cerita pribadi yang terbungkus samar dalam cerpen. Kita juga bisa menceritakan perjalanan panjang hidup ini dalam halaman-halaman novel. Alhamdulillah sudah mampu membuat 5 Buah novel walaupun belum sampai terbit. Novel yang pernah dibuat antara 110-170 halaman, dengan judul : Rampai Mahgfiroh Cinta, Sketsa Hitam Putih, Seraut Wajah Senja, Embun di Atas Kaca, dan Menelan Matahari.

Semangat untuk meraih mimpi, dunia literasi tak memberi jaminan kesuksesan harta, tapi pasti memberi jaminan kepuasan batin. Mari berkreasi untuk mengibarkan panji-panji literasi. Siapapun bisa berkreasi dan berimajiunasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar berupa kritik atau saran yang sifatnya membangun

Sastra adalah Nafasku

Raimuna Ranting Majenang 2023

 MUJTAHID MEMBERIKAN PIALA BERGILIR PENTAS SENI BUDAYA Sebagai pengurus DKR 2 periode (2001-2007) Mujtahid yang sekarang bertugas di MTsN 2 ...