Kontak Njenengan

Nama

Email *

Pesan *

Sabtu, 21 Maret 2020

TEKS PIDATO UNTUK LOMBA


1. TEKS PIDATO TENTANG BAHAYA NARKOBA

Assalamu alaikum Wr. Wb.


Yang terhormat Dewan Juri lomba.
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru serta teman-temanku yang saya cintai dan banggakan
Marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga Allah mempertemukan kita dalam suasana silaturahim dan kebahagiaan. Rahmat dan salam tercurah kepada junjungan kita, mahluk yang sempurna tanpa setitikpun dosa, insan yang menjadi uswah yaitu Nabi Muhammad SAW.
Hadirin Yang dirakhmati Allah
Seorang remaja adalah masa dimana kita sedang mencari jati diri, dan suka dengan hal-hal yang baru, dan selalu ingin mencoba. Seperti kita mencoba narkoba. Inilah tema yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini yaitu “Bahaya narkoba bagi generasi muda”
Narkoba adalah singkatan dari narkoba dan obat-obatan terlarang. Mengapa disebut sebagai obat terlarang? Karena dengan penyalahgunaannya dapat mengakibatkan dampak negatif  bagi pemakainya. Penyalahgunaan narkoba ini diakibatkan beberapa faktor yaitu:
-         Kurangnya pengendalian diri
-         Konflik emosi yang tidak stabil
-         Terbiasa hidup senang
-         Dan lingkungan sosial/pergaulan dan kepribadian
Hadirin yang dirakhmati Allah
Allah jelas-jelas melarang memakan atau meminum yang memabukkan, seperti firmannya dalam surat Almaidah ayat 90.
Angudzubillahiminassyitonirrozim, Bissmillahirrokhmanirrakhim.


Artinya : Hai orang-orang beriman, sesunggunhnya meminum khamr, berjudi, berkurban (untuk berhala), mengadu nasib dengan anak panah adalah termasuk perbuatan syaitan, maka jauhilah perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungannya. (QS Almaidah 90)

Indonesia merupakan surganya bagi bandar narkoba. Mereka leluasa memasarkan barang haram, walaupun ancaman hukuman mati mengintai mereka, tetapi tak membuat mereka jera.  karena narkoba telah menjadi masalah yang serius bagi bangsa ini, barang haram ini sudah dikonsumsi oleh pejabat sampai rakyat, kepala daerah sampai tukang sampah, mahasiswa sampai anak TK. Indonesia merupakan surganya bagi pengedar narkoba, karena mental bangsa ini terutama anak remajanya gampang dipengaruhi. Peredaran narkoba di sekolah begitu leluasa, karena dengan merusak generasi muda, maka kehancuran bangsa ini tinggal menunggu waktu. Dengan mengonsumsi narkoba, maka sistem syaraf akan rusak dan kekebalan tubuh akan menurun serta mengakibatkan kematian.
Pernahkah kita membayangkan beberapa tahun ke depan, jika generasi muda bangsa ini sudah kecanduan narkoba, maka generasi yang akan datang, anak cucu kita yang akan merasakan dunia ini tak ubahnya seperti neraka, kekacauan di mana-man, pengangguran dan kejahatan meraja lela, yang tersisa hanya puing-puing penyesalan bagi kita. Ayo kita galakan dan dukung upaya pemerintah memerangi narkoba dengan cara menolak dengan tegas dari diri kita sendiri.
Hadirin dan teman-temanku yang saya cintai.
Begitu indahnya senja, bila didikat dengan pelangi.
Bahagiannya ayah bunda, jika kita sekolah mengukir prestasi
Hancurlah hidup ini, jika narkoba menjadi teman sejati
Prestasi atau mati, katakan tidak pada narkoba
Jika tergores luka, mungkin kata resahkan jiwa
Senyum itu symbol bahagia, karena maaf telah terbuka
Cukup sekian, semoga bermanfaat
Kalau ada buah delima, duri salak sakit diraba.
Kalau hidup ingin bahagia, katakan tidak pada narkoba.

Usikum Wanafsi bitaqwalloh
Wassalamu alaikum Wr. Wb.






2.  KEWAJIBAN MENCARI ILMU

 Assalamualaikum Wr. Wb.




Yang terhormat Dewan Juri lomba.
Yang saya hormati Bapak dan Ibu guru serta teman-temanku yang saya cintai dan banggakan
Marilah kita memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga Allah mempertemukan kita dalam suasana silaturahim dan kebahagiaan. Rahmat dan salam tercurah kepada junjungan kita, mahluk yang sempurna tanpa setitikpun dosa, insan yang menjadi uswah yaitu Nabi Muhammad SAW.
Hadirin Yang dirakhmati Allah
Seorang muslim tidaklah cukup hanya dengan menyatakan keislamannya tanpa berusaha untuk memahami Islam dan mengamalkannya. Pernyataannya harus dibuktikan dengan melaksanakan konsekuensi dari Islam. Dan untuk memahami islam secara sempurna yaitu dengan mencari ilmu. Maka jells bahwa mencari ilmu itu hukumnya wajib. Inilah yang akan say sampaikan, tentang kewajiban mencari ilmu.
Menuntut Ilmu Itu Wajib
Menuntut ilmu itu wajib bagi Muslim maupun Muslimah. Ketika sudah turun perintah Allah yang mewajibkan suatu hal, sebagai muslim yang harus kita lakukan adalah sami’na wa atha’na, kami dengar dan kami taat.
Sebagaimana kita melksanakan waktu shalat pasti kita akan meluangkan waktu untuk shalat walaupun pekerjaan kita masih banyak. Kita akan tetap meninggalkan aktivitas kita dan segera mengerjakan shalat. Maka begitupun sebaiknya yang harus kita lakukan dengan menuntut ilmu.
Ilmu Itu Apa?
 Ilmu adalah kunci segala kebaikan. Ilmu merupakan sarana untuk menunaikan apa yang Allah wajibkan pada kita. Tak sempurna keimanan dan tak sempurna pula amal kecuali dengan ilmu. Dengan ilmu Allah disembah, dengannya hak Allah ditunaikan, dan dengan ilmu pula agama-Nya disebarkan. Dengan ilmu pula Allah akan mengangkat derajat seseorang.
Kebutuhan pada ilmu lebih besar dibandingkan kebutuhan pada makanan dan minuman, sebab kelestarian urusan agama dan dunia dan akhirat bergantung pada ilmu. Imam Ahmad mengatakan, “Manusia lebih memerlukan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan di setiap waktu.”
Jika kita ingin menyandang kehormatan luhur, kemuliaan yang tak terkikis oleh perjalanan malam dan siang, tak lekang oleh pergantian masa dan tahun, kewibawaan tanpa kekuasaan, kekayaan tanpa harta, kedigdayaan tanpa senjata, kebangsawanan tanpa keluarga besar, para pendukung tanpa upah, pasukan tanpa gaji, maka ilmu adalah jawabannya. Seperti firman Allah dalah surat al- mujahadah ayat 11.

Hal yang disayangkan ternyata beberapa majelis ilmu sudah tidak memiliki daya magnet yang bisa memikat umat Islam untuk duduk di sana, bersimpuh di hadapan Allah untuk meluangkan waktu mengkaji firman-firman Allah ‘Azza wa Jalla dan hadist nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita lebih senang menyia-nyiakan waktu bersama teman-teman, menghabiskan waktu di instagram, twitter, atau media sosial lain dibandingkan duduk di majelis ilmu. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Salah satunya adalah karena umat Islam belum mengetahui keutamaan dan keuntungan, mempelajari ilmu agama. Kita belum mengetahui untungnya duduk berjam-jam di majelis ilmu mengkaji ayat-ayat Allah. Kalau kita tidak mengetahuinya, kita tidak akan duduk di majelis ilmu. Karena fitrah manusia memang bertindak sesuai asas keuntungan. Faktanya, kalau kita tidak mengetahui keuntungan atau manfaat suatu hal maka kita tidak akan melakukan hal itu. Begitu juga dengan ibadah. Maka dari itu, semakin kita belajar dan mengetahui keuntungan-keuntungan salat, puasa, zakat, maka kita akan semakin semangat menjalaninya. Ini yang seharusnya kita sadari. Oleh karena itu, kita harus mengetahui keutamaan dan keuntungan menuntut ilmu. Terdapat banyak dalil dari kitab Allah dan sunnah Rasul-Nya terkait keutamaan ilmu dan pemilik ilmu. Di antaranya adalah:

Hadirin Yang dirakhmati Allah
Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surge. Para ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya.

Kalau suka minum jamu
Jamu itu pahit rasanya
Bahagialah orang yang berilmu
Selamat dunia dan akhiratnya
Ke kota bajunya basah
Baju Basah Karena hujan
Banyak kata banyak salah
Hadirin mohon untuk dimaafkan
Terima kasih atas perhatiannya,

Wassalamualaikum Wr Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri komentar berupa kritik atau saran yang sifatnya membangun

Sastra adalah Nafasku

Raimuna Ranting Majenang 2023

 MUJTAHID MEMBERIKAN PIALA BERGILIR PENTAS SENI BUDAYA Sebagai pengurus DKR 2 periode (2001-2007) Mujtahid yang sekarang bertugas di MTsN 2 ...